Sabtu, 27 Maret 2010

Manfaat Tanaman

Kita seharusnya menyadari bahwa Tuhan menciptakan alam semesta ini sudah sangatlah sempurna, mungkin berbagai penyakit tidak akan menghinggapi Manusia, Setidaknya penyakit-penyakit yang muncul itu seharusnya bisa diatasi dengan memanfaatkan tanaman yang terhampar luas di halaman sekitar kita. Berbagai tanaman yang sangat bermanfaat bagi manusia tersebut tentulah untuk pengobatan, perlunya kita mengingatkan kembali bagi kepada Masyarakat, tentang pentingnya akan khasiat berbagai tanaman dan buah-buahan di sekitar kita.

*Kumis kucing dalam kemasan Java Tea yang dapat membantu memelihara kesehatan fungsi ginjal.

*Mahkota dewa yang disebut dapat menaklukkan berbagai penyakit. Dari hasil beberapa penelitian ilmiah membuktikan, daun dan kulit buah mahkota dewa mengandung alkaloid, saponin, dan flavonoid. Farmakolog dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dr Regina Sumastuti menemukan adanya kandungan zat kimia dalam mahkota dewa, antara lain zat antihistamin. Zat ini disebut mampu mencegah alergi, seperti biduran, gatal-gatal, selesma dan sesak napas.

*Buah mengkudu atau pace yang umumnya dihindari banyak orang, karena berbau kurang sedap, ternyata juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Sekarang sudah banyak tersedia ekstrak mengkudu yang dikemas dalam bentuk praktis kapsul.

*Kunyit, selain bermanfaat sebagai bahan bumbu berbagai jenis masakan, dapat pula digunakan sebagai obat. Khasiat kunyit untuk mengatasi nyeri sendi dan tulang, mengurangi perut kembung dan mual, menurunkan kadar kolesterol tinggi, peremajaan kulit, mengatasi gangguan lever, membersihkan darah.--@rch

Tidak ada komentar:

Posting Komentar